Lingkungan belajar Posted on June 14, 2018 By Ardian Setiawan Jangan salah, lingkungan belajar bukan hanya sekolah. Rumah adalah lingkungan belajar yang utama untuk anak-anak kita. Orang tua mempunyai peran yang sangat penting dalam proses belajar anak-anak, baik di rumah maupun di sekolah. Proses belajar tidak boleh hanya dibebankan kepada sekolah, terutama guru. Orang tua adalah guru terdekat anak-anak. Proses belajar di sekolah dominan pada aspek kognitif. Karena kedekatan orang tua dan anak, pendidikan dalam keluarga dominan pada aspek afektif. Motivasi masuk dalam domain ini. Apa yang bisa kita lakukan sebagai orang tua? Selalu terlibat dalam proses belajar anak, baik di sekolah maupun di rumah. Jaga motivasi belajar mereka, selalu apresiatif dengan pencapaian-pencapaian anak. Jangan menghukum! Ingat, hukuman akan membuat mereka belajar menghindari kesalahan, tapi apresiasi terhadap prestasi akan membuat mereka semakin haus dengan pencapaian. Apresiasi akan menghasilkan prestasi. Orang tua harus menjadi teman belajar yang menyenangkan. Ojo galak. Wes, itu saja. Monggo kalau ada yang mau ditambahkan 😇
Ontological and Epistemological Stances Posted on July 15, 2019July 15, 2019 Why disclosing our ontological and epistemological stances? Research should begin with ontological and epistemological assumptions which become the foundation of the inquiry (Guba & Lincoln, 2004; Hesse-Bibber & Leavy, 2004; Creswell, 2013, 2014). Because our assumptions affect the research process, it is necessary for researchers to be aware of their philosophical assumptions,… Read More
Uncategorized What about epistemology? Posted on July 4, 2021July 4, 2021 In the previous post, I briefly explained ontology, which can be understood as ‘what exists in the world’ or ‘the reality’ – the source of knowledge. What about epistemology? Epistemology is how we see knowledge. In other words, it is the study of knowledge. Different from ontology which reflects how… Read More