Salah satu ‘value’ penting dalam bisnis jasa adalah kejujuran kepada klien. Pemberi jasa harus jujur dalam hal jasa yang ditawarkan dan komunikasi dengan pengguna jasa. Kita bahas satu persatu ya.
Jujur dalam hal jasa. Ini sangat jelas dan tidak memerlukan penjelasan yang panjang. Pemberi jasa harus jujur terkait jasa yang ditawarkan, artinya apa yang diberikan kepada konsumen pengguna harus memenuhi apa yang telah ditawarkan dan dijanjikan di awal.
Jujur dalam komunikasi, speak the truth. Tidak boleh ada yang disembunyikan atau disamarkan dalam komunikasi dengan konsumen. Dalam layanan proofreading-editing misalnya, pemberi jasa harus jujur terkait dengan mutu dokumen dan apa yang bisa dilakukan dengan dokumen tersebut – yang sering terjadi, pemberi jasa memberikan estimasi berlebih untuk mendapatkan fee layanan yang besar. This is unethical – tidak etis. Begitu pula dengan ‘feedback’ masukan yang kita berikan kepada konsumen, harus jujur dalam hal substansi sehingga pemilik dokumen bisa belajar dari masukan-masukan yang kita berikan.
#bersambung